Peran Literasi Budaya dalam Pembentukan Karakter Mahasiswa Calon Pendidik
DOI:
Kata Kunci:
Literasi Budaya, Pembentukan Karakter, Identitas BudayaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran literasi budaya dalam pembentukan karakter mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lakidende, khususnya pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Literasi budaya, yang mencakup pemahaman, penghargaan, dan penerapan nilai-nilai budaya lokal serta nasional, dipandang sebagai faktor krusial dalam membentuk karakter mahasiswa, terutama dalam menghadapi keberagaman budaya di Indonesia. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini mengombinasikan wawancara mendalam, observasi partisipatif, serta penyebaran angket kepada mahasiswa dan dosen untuk memperoleh pemahaman yang komprehensif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi budaya berkontribusi secara signifikan terhadap pembentukan karakter mahasiswa yang berintegritas, beretika, dan memiliki sikap toleran terhadap keberagaman budaya. Mahasiswa yang secara konsisten terpapar pada literasi budaya menunjukkan pemahaman yang lebih mendalam terhadap nilai-nilai sosial dan moral serta perilaku yang lebih positif dalam interaksi sehari-hari. Selain itu, integrasi literasi budaya dalam kurikulum, khususnya melalui mata kuliah Literasi Pendidikan dan Bahasa serta Kebudayaan Tolaki pada semester lima, tidak hanya memperkuat identitas budaya mahasiswa tetapi juga meningkatkan keterlibatan mereka dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menegaskan bahwa perguruan tinggi di Indonesia perlu lebih mengintegrasikan literasi budaya dalam sistem pendidikan sebagai strategi untuk membentuk karakter mahasiswa yang kuat dan berwawasan budaya. Selain itu, upaya ini juga berperan dalam pelestarian budaya di tengah derasnya arus globalisasi.
Unduhan
Referensi
Abustang, P. B., Maksum, A., & Nurhasanah, N. (2023). Dampak Budaya Literasi terhadap Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik pada Abad 21. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 7(1), 53. https://doi.org/10.32934/jmie.v7i1.510.
Anas. (2023a). Literasi Budaya Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lakidende. Dialektika Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Dan Matematika, 8(2), 41–49.
Anas, A. (2023b). Adaptasi dan Implementasi Kurikulum Merdeka. Communnity Development Journal, 4(1), 668–674.
Rohmah, A. M., Prasetyawati, D., & Nuvitalia, D. (2023). Analisis Budaya Literasi Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di Sekolah. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 1656–1662. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1762.
Negara Kesatuan Republik Indonesia. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Haedariah, Anas, & Alan. (2023). Minat Baca Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Universitas Lakidende. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(3), 59–66.
Khotimah, H., Wasith Achadi, M., Wathoni, K., & Eka Pratiwi, N. (2022). Implikasi Budaya Literasi Pada Pembentukan Kompetensi dan Kualitas Karakter Mahasiswa IAIN Ponorogo. Jurnal Literasiologi, 9(1). https://doi.org/10.47783/literasiologi.v9i1.430.
Nudiati, D. (2020). Literasi Sebagai Kecakapan Hidup Abad 21 Pada Mahasiswa. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(1), 34–40. https://doi.org/10.31960/ijolec.v3i1.561.
Pujiono, S., & Sahayu, W. (2021). Literasi Budaya Mahasiswa Di Era 4.0. Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, XVII(2), 110–120. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/lingua.
Puspita, A. M. I. (2019). Peran Budaya Literasi Pada Peningkatan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 8(1), 105–113. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i1.2032.
Saliha, S. R., Udu, S., & Sartiah. (2018). Nilai Dan Fungsi Lagu Daerah Tolaki Tinjauan Semiotik. Pembelajaran Seni Dan Budaya, 3(2), 49–57. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33772/jpsb.v3i2.7808.
Sari, M. K., Rulviana, V., Suyanti, S., Budiartati, S., & Rodiyatun, R. (2021). Budaya Literasi Sebagai Upaya Pengembangan Karakter pada Siswa di Sekolah Dasar Muhammadiyah Bantul Kota. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(1), 112. https://doi.org/10.30651/else.v5i1.6382.
Sukmawati, A., Ni’ma, S. L., & Marsanti, A. P. N. (2023). Peranan Budaya Literasi Dalam Membentuk Pendidikan Karakter Siswa. Jurnal Basicedu, 7(4), 2051–2060. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.5839.
Windiatmoko, D. U. (2020). Eksistensi Mata Kuliah Budaya Nusantara Untuk Menunjang Budaya Literasi Dan Nilai Kearifan Lokal. Prosiding SNP2M (Seminar Nasional …, 161–167. http://snp2m.unim.ac.id/index.php/snp2m/article/view/391.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
##category.category##
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Anas, Rismawati, Yasir

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang artikelnya diterbitkan oleh jurnal DIALEKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Matematika menyatakan setuju dengan pernyataan berikut ini:
- Hak cipta artikel dipegang oleh penulis.
- Penulis memberikan hak kepada jurnal DIALEKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Matematika sebagai pihak pertama yang menerbitkan artikel dengan menerapkan lisensi berdasarkan Creative Commons Attribution License.
- Artikel, termasuk dokumen penelitian, yang diterbitkan didistribusikan dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis diperbolehkan dan disarankan untuk mengunggah artikel secara online (misal: pada repositori institusi atau pada website pribadi) sebagai langkah untuk meningkatkan keterbacaan dan diseminasi serta untuk meningkatkan peluang artikel disitasi.




