Menulis Permulaan dan Media Reglet: Penelitian Tindakan pada Siswa Tunanetra
Kata Kunci:
Beginning Writing, Reglet, Exceptional School, BlindAbstrak
Penelitian ini mendeskripsikan tentang meningkatkan kemampuan menulis permulaan melalui Media Reglet Pada Siswa Tuna Netra Kelas VII Di SLB Adiguna Kabupaten Konawe.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah penggunaan media reglet dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas VII di SLB Adiguna. Penelitian ini bertujuan Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis dengan media reglet siswa kelas VII SLB Adiguna.
Jenis penelitan yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas/ PTK (Clasroom action research). Penelitian dilakukan pada SLB Adiguna Kabupaten Konawe. Data dalam penelitian ini yaitu aspek aktivitas dan hasil belajar siswa selama mengikuti kegiatan pembelajaran menulis permulaan dengan media reglet dan aktivitas guru dalam menerapkan pembelajaran menulis permulaan dengan media reglet melalui lembar observasi aktivitas guru dan siswa.
Hasil dari penelitian ini adalah siswa dapat mencapai ketuntasan belajar baik individual maupun secara klasikal. Ketuntasan minimal 85 % dari seluruh siswa memperoleh nilai ≥ 61 ( tuntas). Hasil belajar siswa dapat ditingkatkan melalui penggunaan media reglet pada materi menulis permulaan siswa kelas VII SLB Adiguna yaitu pada pre test 62 pada siklus I hasil belajar mencapai 62 dan pada siklus II hasil belajar meningkat menjadi 80. Hasil aktifitas guru dapat ditingkatkan melalui penggunaan media reglet materi menulis permulaan pada penulisan huruf, kata-kata, dan kalimat sederhana siswa kelas VII SLB Adiguna yaitu pelaksanaan pembelajaran pada siklus I mencapai 62,53% dan siklus II meningkat menjadi 88,45%. Hasil aktifitas siswa dapat ditingkatkan melalui penggunaan media reglet materi menulis permulaan siswa kelas VII SLB Adiguna yaitu pelaksanaan pembelajaran pada siklus I mencapai 71,42% dan siklus II meningkat menjadi 92,85%.
Unduhan
Referensi
Astuti, R. F., & Istiarini, R. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan AnakUsia 5-6 Tahun Melalui Media Puzzle di PAUD Flamboyan Sukasari Kota Tangerang. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 31. doi: 10.31000/ceria.v11i2.2338.
Cattaneo, Z., & Vecchi, T. (2011). Blind Vision: The neuroscience of visual impairment. London: MIT Press.
Decaprio, R. (2017). Rahasia Cara Belajar Para Ilmuan Dunia. Yogyakarta: Laksana.
Dutton, J. Z. (2015). Cerebral Visual Impairment in Children Visuoperceptive and Visuocognitive Disorder. London: Springer.
Gargiulo, R. M., & Bouck, E. C. (2019). Special Education in Contemporary Society: An introduction to exceptionality (6th ed). Los Angeles: SAGE Publications, Inc.
Handoyo, R. R. (2022). Analisis Teori Belajar dalam Metode Pembelajaran Membaca Braille pada Anak Tunanetra. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 5(1), 60–70. doi: 10.30605/jsgp.5.1.2022.1616.
Harista, E. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (Smplb) Negeri Sepulau Bangka. Sirok Bastra, 9(1), 1–14. doi: 10.37671/sb.v9i1.271.
Isni, L., Nurrohman, M., & Mambela, S. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Braille pada Siswa Tunanetra di Kelas di Taman Kanak-Kanak SLB A YPAB Surabaya. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 15(28), 195–201. doi: 10.36456/bp.vol15.no28.a2234.
Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The Action Research Planner Doing Critical Participatory Action Research. In Action Research. Singapore: Springer.
Ningsih, I. H. (2019). Peran Guru dalam Pembelajaran Menulis Permulaan Menghadi Abad 21. BASINDO: jurnal kajian bahasa, sastra Indonesia, dan pembelajarannya, 3(1), 38–43. doi: 10.17977/um007v3i12019p038.
Putra, P. G. N., Japa, I. G. N., & Yasa, L. P. Y. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan Melalui Model Pembelajaran Quantum. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 373. doi: 10.23887/jippg.v4i3.36069.
Sudrajat, Bidari, R. A. A., & Amallia, M. (2018). Implementasi Pendidikan Inklusi di SD Muhammadiyah 3 Cirebon. Hadhariyah: Jurnal Peradaban dan Pendidikan, 4(1), 113–138. doi: 10.31932/ve.v12i1.1019.
Widyaningrum, H. K., & Hasanudin, C. (2019). Kajian Kesulitan Belajar Membaca Menulis Permulaan (MMP) di Sekolah Dasar. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 8(2), 189–199. doi: 10.21070/pedagogia.v8i2.2219.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
##category.category##
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Ika Asrianti Puspitasari, Anas

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang artikelnya diterbitkan oleh jurnal DIALEKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Matematika menyatakan setuju dengan pernyataan berikut ini:
- Hak cipta artikel dipegang oleh penulis.
- Penulis memberikan hak kepada jurnal DIALEKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Matematika sebagai pihak pertama yang menerbitkan artikel dengan menerapkan lisensi berdasarkan Creative Commons Attribution License.
- Artikel, termasuk dokumen penelitian, yang diterbitkan didistribusikan dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis diperbolehkan dan disarankan untuk mengunggah artikel secara online (misal: pada repositori institusi atau pada website pribadi) sebagai langkah untuk meningkatkan keterbacaan dan diseminasi serta untuk meningkatkan peluang artikel disitasi.