Menulis Permulaan dan Media Reglet: Penelitian Tindakan pada Siswa Tunanetra

Penulis

Kata Kunci:

Beginning Writing, Reglet, Exceptional School, Blind

Abstrak

Penelitian ini mendeskripsikan tentang meningkatkan  kemampuan  menulis permulaan melalui  Media  Reglet  Pada  Siswa Tuna Netra  Kelas VII Di SLB  Adiguna Kabupaten Konawe.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah penggunaan media reglet dapat meningkatkan kemampuan menulis  siswa kelas VII  di SLB  Adiguna. Penelitian ini bertujuan Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis  dengan media reglet  siswa kelas  VII  SLB  Adiguna.

Jenis penelitan yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas/ PTK (Clasroom action research). Penelitian dilakukan pada SLB Adiguna Kabupaten Konawe. Data dalam penelitian ini yaitu aspek aktivitas dan hasil belajar siswa selama mengikuti kegiatan pembelajaran menulis permulaan dengan media reglet dan aktivitas guru dalam menerapkan pembelajaran menulis permulaan dengan media reglet melalui lembar observasi aktivitas guru dan siswa.

Hasil dari penelitian ini  adalah siswa dapat mencapai ketuntasan  belajar baik individual maupun secara klasikal. Ketuntasan minimal 85 % dari seluruh siswa memperoleh nilai  ≥ 61 ( tuntas). Hasil belajar siswa dapat ditingkatkan melalui penggunaan media reglet  pada materi menulis permulaan  siswa kelas VII  SLB Adiguna  yaitu pada pre test 62 pada  siklus I hasil belajar mencapai 62 dan pada siklus II  hasil belajar meningkat menjadi 80. Hasil  aktifitas  guru  dapat ditingkatkan melalui penggunaan media reglet  materi menulis permulaan  pada penulisan huruf, kata-kata, dan kalimat sederhana  siswa kelas VII  SLB  Adiguna  yaitu  pelaksanaan  pembelajaran pada  siklus I  mencapai 62,53%  dan  siklus  II meningkat menjadi 88,45%. Hasil  aktifitas  siswa  dapat ditingkatkan melalui penggunaan media reglet materi menulis permulaan siswa kelas VII  SLB Adiguna  yaitu pelaksanaan pembelajaran pada siklus I mencapai 71,42% dan siklus II meningkat menjadi 92,85%.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Astuti, R. F., & Istiarini, R. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan AnakUsia 5-6 Tahun Melalui Media Puzzle di PAUD Flamboyan Sukasari Kota Tangerang. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 31. doi: 10.31000/ceria.v11i2.2338.

Cattaneo, Z., & Vecchi, T. (2011). Blind Vision: The neuroscience of visual impairment. London: MIT Press.

Decaprio, R. (2017). Rahasia Cara Belajar Para Ilmuan Dunia. Yogyakarta: Laksana.

Dutton, J. Z. (2015). Cerebral Visual Impairment in Children Visuoperceptive and Visuocognitive Disorder. London: Springer.

Gargiulo, R. M., & Bouck, E. C. (2019). Special Education in Contemporary Society: An introduction to exceptionality (6th ed). Los Angeles: SAGE Publications, Inc.

Handoyo, R. R. (2022). Analisis Teori Belajar dalam Metode Pembelajaran Membaca Braille pada Anak Tunanetra. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 5(1), 60–70. doi: 10.30605/jsgp.5.1.2022.1616.

Harista, E. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (Smplb) Negeri Sepulau Bangka. Sirok Bastra, 9(1), 1–14. doi: 10.37671/sb.v9i1.271.

Isni, L., Nurrohman, M., & Mambela, S. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Braille pada Siswa Tunanetra di Kelas di Taman Kanak-Kanak SLB A YPAB Surabaya. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 15(28), 195–201. doi: 10.36456/bp.vol15.no28.a2234.

Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The Action Research Planner Doing Critical Participatory Action Research. In Action Research. Singapore: Springer.

Ningsih, I. H. (2019). Peran Guru dalam Pembelajaran Menulis Permulaan Menghadi Abad 21. BASINDO: jurnal kajian bahasa, sastra Indonesia, dan pembelajarannya, 3(1), 38–43. doi: 10.17977/um007v3i12019p038.

Putra, P. G. N., Japa, I. G. N., & Yasa, L. P. Y. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan Melalui Model Pembelajaran Quantum. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 373. doi: 10.23887/jippg.v4i3.36069.

Sudrajat, Bidari, R. A. A., & Amallia, M. (2018). Implementasi Pendidikan Inklusi di SD Muhammadiyah 3 Cirebon. Hadhariyah: Jurnal Peradaban dan Pendidikan, 4(1), 113–138. doi: 10.31932/ve.v12i1.1019.

Widyaningrum, H. K., & Hasanudin, C. (2019). Kajian Kesulitan Belajar Membaca Menulis Permulaan (MMP) di Sekolah Dasar. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 8(2), 189–199. doi: 10.21070/pedagogia.v8i2.2219.

Diterbitkan

06/30/2022

Cara Mengutip

Puspitasari, I. A., & Anas. (2022). Menulis Permulaan dan Media Reglet: Penelitian Tindakan pada Siswa Tunanetra. DIALEKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra, Dan Matematika, 8(1), 38-48. https://journal.fkip-unilaki.ac.id/index.php/dia/article/view/28