Pemarkah Kohesi Leksikal dan Kohesi Gramatikal
Analisis pada Paragraf dalam Skripsi Mahasiswa Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia
Kata Kunci:
Cohesion Markers, Lexical Cohesion, Grammatical CohesionAbstrak
The purpose of the study is to analyze the lexical and grammatical cohesion markers of paragraphs of in the students’ thesis introduction chapter. It was a qualitative descriptive study. The sources of data were the students’ theses of Indonesian Literature and Language Education Study Program in the yeasr 2010 and the data are all cohesion markers found in the paragraph of the students’ thesis introduction chapter. There are 30 theses consisting of 306 paragraphs. Sorting, reading, and noting are the techniques used in this research. The analysis showed that from 306 paragraphs, there are 243 lexical cohesion markers and 340 grammatical cohesion markers. Lexical cohesion markers were repetition (156), synonym (17), antonym (25), hyponym (6), correlation (19), and equivalence (18). On the other hand, grammatical cohesion markers consist of reference (52), substitution (39), ellipsis (11), conjunction (175), and pronoun (63).
Unduhan
Referensi
Alwi, Hasan, dkk. (2003). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Darma, Y. A. (2009). Analisis Wacana Kritis. Bandung: Yrama Widya.
Djajasudarma, F. (2006). Wacana: Pemahaman dan hubungan anatarunsur. Bandung: Refika Aditama.
Eriyanto. (2008). Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKiS Pelangi Aksara.
Iskandar. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta: Gaung Persada Press.
Sumantri, O. K. dan Harahap, A. B. (2011). Telaah Wacana: Teori dan Penerapannya. Depok: Komando Books.
Wahid dan Juanda, S. (2006). Analisis Wacana. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2015 Anie Wulandari Azis

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang artikelnya diterbitkan oleh jurnal DIALEKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Matematika menyatakan setuju dengan pernyataan berikut ini:
- Hak cipta artikel dipegang oleh penulis.
- Penulis memberikan hak kepada jurnal DIALEKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Matematika sebagai pihak pertama yang menerbitkan artikel dengan menerapkan lisensi berdasarkan Creative Commons Attribution License.
- Artikel, termasuk dokumen penelitian, yang diterbitkan didistribusikan dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis diperbolehkan dan disarankan untuk mengunggah artikel secara online (misal: pada repositori institusi atau pada website pribadi) sebagai langkah untuk meningkatkan keterbacaan dan diseminasi serta untuk meningkatkan peluang artikel disitasi.




