Literasi Budaya Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lakidende

Penulis

  • Anas Universitas Lakidnde

Kata Kunci:

Literasi Budaya, Budaya Tolaki, Literasi Pendidikan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran dan dampak literasi budaya dalam pembelajaran bagi mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi pada 23 informan dari mahasiswa dan 2 informan dari dosen. Agar data yang diperoleh valid serta dapat dipertanggungjawabkan, maka secara ilmiah dilakukan pemeriksaan keabasahan data dengan melakukan: 1) reduksi data; 2) data display; dan 3) verifikasi data. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa literasi budaya melalui perkuliahan dengan menghadirkan mata kuliah Literasi Pendidikan, Bahasa dan Budaya Tolaki memberikan dampak terhadap pengetahuan mahasiswa Fakultas Keguruan daan Ilmu Pendidikan, Universitas Lakidende tentang budaya Tolaki. Hal tersebut tidak saja menjadi pengetahuan tetapi juga menjadi sarana untuk memelihara kebudayaan melalui penulisan tugas akhir mahasiswa.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Ahmadi, F., & Ibda, H. (2022). Media Literasi Sekolah: Teori dan praktik. Semarang: CV Pilar Nusantara.

Aprinta, G. (2013). Fungsi Media Online Sebagai Media Literasi Budaya Bagi Generasi Muda. Jurnal The Messenger, 5(1), 16. doi: 10.26623/themessenger.v5i1.218.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2019). Literasi. Diambil 20 Desember 2022, dari Kamus Besar Bahasa Indonesia Online website: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/literasi.

Desyandri, D. (2018). Nilai-Nilai Kearifan Lokal untuk Menumbuhkembangkan Literasi Budaya di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 27(1), 1‑9. doi: 10.17977/um009v27i12018p001.

Garzia, M. (2020). Permainan Tradisional Dalam Literasi Budaya Dan Perkembangan Anak Usia Dini Pada Abad 21. Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial, 9(2), 83. doi: 10.33578/jpsbe.v9i2.7696.

Hadiansyah, F., Djumala, R., Gani, S., Hikmat, A. an A., Noorthertya, M., Nento, … Akbari, Q. S. (2017). Materi Pendukung Literasi Budaya dan Kewargaan: Gerakan literasi nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hasibuan, F. M. (2020). Indonesian Students Literacy Condition and How to Improve It. (November), 0‑5.

Helaluddin, H. (2018). Desain Literasi Budaya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. ESTETIK: Jurnal Bahasa Indonesia, 1(2), 101. doi: 10.29240/estetik.v1i2.582.

Marliana, & Hikmah, N. (2013). Pendidikan Berbasis Muatan Lokal Sebagai Sub Komponen Kurikulum. Dinamika Ilmu, 13(1), 105‑119.

Pusat Penilaian Pendididikan. (2019). Pendidikan di Indonesia: Belajar Dari Hasil PISA 2018. Jakarta: Balitbang Kemdikbud Indonesia Kemdikbud.

Sakura, H., Arga, P., Ruqoyyah, S., & Wulandari, M. A. (2021). Cultural Literacy Analysis of PGSD Students in Tanah Air Nusantara Student Exchange. 10(April), 311‑317. doi: 10.33578/JPFKIP.V10I2.8180.

Tahir, M., Sobri, M., Nursaptini, Novitasari, S., & Anar, A. P. (2021). Penguatan Muatan Lokal Seni Budaya Berbasis Local Genius Budaya Sasak untuk Meningkatkan Literasi Budaya. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (Jartika), 4(1), 69‑74.

Yuki, L. K. (2020). Implementasi Literasi Budaya Kuda Kosong dalam Meningkatkan Minat Membaca pada Mahasiswa Universitas Putra Indonesia. Jurnal Soshum Insentif, 44‑50. doi: 10.36787/jsi.v3i1.215.

Unduhan

Diterbitkan

12/30/2022

Cara Mengutip

Anas. (2022). Literasi Budaya Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lakidende. DIALEKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra, Dan Matematika, 8(2), 41-49. https://journal.fkip-unilaki.ac.id/index.php/dia/article/view/57