Meta-Analisis Media Pembelajaran Audiovisual dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis di Sekolah
Kata Kunci:
Media Audiovisual, Keteampilan Menulis, SekolahAbstrak
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kembali penggunaan media pembelajaran audiovisual terhadap keterampilan menulis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah meta analisis. Penelitian diawali dengan merumuskan masalah penelitian, menelusuri hasil penelitian yang relevan untuk dianalisis. Data dikumpulkan dengan menelusuri jurnal elektronik melalui Google Scholar dengan kata kunci media pembelajaran, audiovisual, dan keterampilan menulis. Dari hasil penelusuran diperoleh 10 artikel yang relevan yang sudah diterbitkan di jurnal online. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis bisa disimpulkan media pembelajaran audiovisual dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa dari mulai yang terendah 12,66 % sampai yang tertinggi 80,5 % dengan rata-rata 36,41 %.
Unduhan
Referensi
Abdulhak, I., & Darmawan, D. (2015). Teknologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Dalman. (2012). Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Rajawali Pers.
Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Fathurrohman, P., & Sutikno, S. (2007). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama.
Gustiana, A. D., & Rahman. (2021). Studi Meta-Analisis Circuit Learning Model terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Siswa. Pedagogia: Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(2), 89–100.
Hilaliyah, T., Mutia, I., & Riansi, E. S. (2021). Meta Analisis Media Pembelajaran terhadap Kemampuan Menulis Cerpen. Jurnal Membaca (Bahasa dan Sastra Indonesia), 3(2), 161–168. doi: 10.30870/jmbsi.v6i2.13067.
Lustyantie, N., Suriyati, Y., Isnan, F. N., Ramli, & Yudha, R. P. (2022). The Effect of Cognitive Style, Critical Thinking, And Digital Literature on Argumentative Writing Skills. Educational Sciences: Theory and Practice, 22(1), 27–35. doi: 10.12738/jestp.2022.1.0003.
Ramli, Boeriswati, E., & Emzir. (2019). The Effect of Metaphorming Teaching Method on Field-Independent/Dependent Learners in Writing Essay. The Asian EFL Journal, 23(6.3), 4–14.
Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sudarno. (1986). Kemampuan Berbahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Hikmat Syahid Indah.
Suleiman, A. H. (1985). Media Audio-Visual untuk Pengajaran, Penerangan, dan Penyuluhan. Jakarta: Gramedia.
Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
##category.category##
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Deden Hidayatullah

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang artikelnya diterbitkan oleh jurnal DIALEKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Matematika menyatakan setuju dengan pernyataan berikut ini:
- Hak cipta artikel dipegang oleh penulis.
- Penulis memberikan hak kepada jurnal DIALEKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Matematika sebagai pihak pertama yang menerbitkan artikel dengan menerapkan lisensi berdasarkan Creative Commons Attribution License.
- Artikel, termasuk dokumen penelitian, yang diterbitkan didistribusikan dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis diperbolehkan dan disarankan untuk mengunggah artikel secara online (misal: pada repositori institusi atau pada website pribadi) sebagai langkah untuk meningkatkan keterbacaan dan diseminasi serta untuk meningkatkan peluang artikel disitasi.




