Meta-Analisis Media Pembelajaran Audiovisual dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis di Sekolah

Penulis

  • Deden Hidayatullah SMAN 3 Kabupaten Tangerang

Kata Kunci:

Media Audiovisual, Keteampilan Menulis, Sekolah

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kembali penggunaan media pembelajaran audiovisual terhadap keterampilan menulis.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah meta analisis. Penelitian diawali dengan merumuskan masalah penelitian, menelusuri hasil penelitian yang relevan untuk dianalisis. Data dikumpulkan dengan menelusuri jurnal elektronik melalui Google Scholar dengan kata kunci media pembelajaran, audiovisual, dan keterampilan menulis. Dari hasil penelusuran diperoleh 10 artikel yang relevan yang sudah diterbitkan di jurnal online. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis bisa disimpulkan media pembelajaran audiovisual dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa dari mulai yang terendah 12,66 % sampai yang tertinggi 80,5 % dengan rata-rata 36,41 %.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Abdulhak, I., & Darmawan, D. (2015). Teknologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Dalman. (2012). Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Rajawali Pers.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Fathurrohman, P., & Sutikno, S. (2007). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama.

Gustiana, A. D., & Rahman. (2021). Studi Meta-Analisis Circuit Learning Model terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Siswa. Pedagogia: Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(2), 89–100.

Hilaliyah, T., Mutia, I., & Riansi, E. S. (2021). Meta Analisis Media Pembelajaran terhadap Kemampuan Menulis Cerpen. Jurnal Membaca (Bahasa dan Sastra Indonesia), 3(2), 161–168. doi: 10.30870/jmbsi.v6i2.13067.

Lustyantie, N., Suriyati, Y., Isnan, F. N., Ramli, & Yudha, R. P. (2022). The Effect of Cognitive Style, Critical Thinking, And Digital Literature on Argumentative Writing Skills. Educational Sciences: Theory and Practice, 22(1), 27–35. doi: 10.12738/jestp.2022.1.0003.

Ramli, Boeriswati, E., & Emzir. (2019). The Effect of Metaphorming Teaching Method on Field-Independent/Dependent Learners in Writing Essay. The Asian EFL Journal, 23(6.3), 4–14.

Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sudarno. (1986). Kemampuan Berbahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Hikmat Syahid Indah.

Suleiman, A. H. (1985). Media Audio-Visual untuk Pengajaran, Penerangan, dan Penyuluhan. Jakarta: Gramedia.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Unduhan

Diterbitkan

12/31/2022

Cara Mengutip

Hidayatullah, D. (2022). Meta-Analisis Media Pembelajaran Audiovisual dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis di Sekolah. DIALEKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra, Dan Matematika, 8(2), 31-40. https://journal.fkip-unilaki.ac.id/index.php/dia/article/view/51