Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi PLSU dan PTLSV Menggunakan Alat Peraga Limbah Kayu Jati
Kata Kunci:
PLSV and PtLSV, Beam and Cube Model, Action ResearchAbstrak
This study was aimed at improving the students’ achievement in PLSV and PtLSV subjects using visual aid (colourful beam and cube models) made from wood. These aids were intended to solve the problems of linear equation and inequation of one varible. This action research was conducted at SMP Negeri 1 Raha academic year 2014/2015 trough Planning, Action, Observation, and Reflection Activities. The result showed that the use of coulourful visual aids can improve the students’ achievement. The improvement was shown by the following scores: 65% at Cycle I and 90.6% at cycle II. The teacher class management was 70% at first cycle and 90% at Second cycle. In addition, the students’ activities were 57.1% and 100% at cycle I and cycle II respectively.
Unduhan
Referensi
Hudojo, H. (1988). Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Depdibud Dirjen Dikti. PPLPTK.
Hamalik, O. (1986). Metode Belajar Dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.
http//www.goole.co.id./search?hl=id& client=firex.com. diakses 11 juli 2008.
Mudjiono dan Dimyati, M. (1993). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud.
Mulyasa, E. (2002). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurhani, D. & Wahyuni, T. (2008). Matematika Konsep dan Aplikasi Untuk Kelas VII. Jakarta: Pusbuk.
Pomalato, S. W. & Evi, H. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Gorontalo: Nurul Jannah.
Soedjadi, R. (1999). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia (Konstatasi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan). Dikti. Depdiknas.
Soedjadi, R. (2001). Pemanfaatan Realitas dan Lingkungan Dalam Pembelajaran Matematika (Makalah disajikan pada Seminar Nasional RME di Jurusan Matematika FMIPA UNESA 24 Februari 2001).
Ruseffendi, E. T. (1999). Dasar-dasar Matematika Modern. Bandung: Tarsito.
Sudjana, N. (2006). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda karya
Ratumanan, T. G. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: UNESA University Press.
Uno, H. B. (2008). Desain Pembelajaran. Gorontalo: Nurul Jannah.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2015 La Ome

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang artikelnya diterbitkan oleh jurnal DIALEKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Matematika menyatakan setuju dengan pernyataan berikut ini:
- Hak cipta artikel dipegang oleh penulis.
- Penulis memberikan hak kepada jurnal DIALEKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Matematika sebagai pihak pertama yang menerbitkan artikel dengan menerapkan lisensi berdasarkan Creative Commons Attribution License.
- Artikel, termasuk dokumen penelitian, yang diterbitkan didistribusikan dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis diperbolehkan dan disarankan untuk mengunggah artikel secara online (misal: pada repositori institusi atau pada website pribadi) sebagai langkah untuk meningkatkan keterbacaan dan diseminasi serta untuk meningkatkan peluang artikel disitasi.




