Problem-Based Learning dalam Pembelajaran Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
Kata Kunci:
Kemampuan Pemecahan Masalah, Problem Based Learning, SPLDVAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Kemampuan pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP melalui Problem based Learning dalam Pembelajaran (Sistem Persamaan Linear Dua Variabel). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.2 SMP Negeri 2 Toboali. Di dalam penelitian ini menggunakan pedoman penskoran pemecahan masalah yang terdiri atas: memahami masalah, merencanakan strategi pemecahan masalah, melaksanakan pemecahan masalah, dan memeriksa kembali penyelesaian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mampu memecahkan masalah matematika SMP melalui Problem Based Learning dalam pembelajaran SPLDV pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Toboali sehingga Problem Based Learning ini dapat digunakan sebagai alternatif dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran matematika di SMP.
Unduhan
Referensi
Akçay, B. (2009). Problem-Based Learning in Science Education. Journal of Turkish Science Education, 6(1), 26–36.
Akınoğlu, O., & Tandoğan, R. Ö. (2007). The Effects of Problem-Based Active Learning in Science Education on Students’ Academic Achievement, Attitude and Concept Learning. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 3(1), 71–81. doi: 10.12973/ejmste/75375.
Arends, R. (2008). Learning to Teach. New York: McGraw Hill Company.
Awang, H., & Ramly, I. (2008). Creative Thinking Skill Approach Through Problem-Based Learning: Pedagogy and practice in the engineering classroom. International Scholarly and Scientific Research & Innovation, 2(4), 334–339.
Barrett, T. (2010). The Problem‐Based Learning Process as Finding and Being in Flow. Innovations in Education and Teaching International, 47(2), 165–174. doi: 10.1080/14703291003718901.
Burris, S., & Garton, B. (2007). Effect of Instructional Strategy on Critical Thinking and Content Knowledge: Using problem-based learning in the secondary classroom. Journal of Agricultural Education, 48(1), 106–116. doi: 10.5032/jae.2007.01106.
Dochy, F., Segers, M., Van den Bossche, P., & Gijbels, D. (2003). Effects of Problem-Based Learning: A meta-analysis. Learning and Instruction, 13(5), 533–568. doi: 10.1016/S0959-4752(02)00025-7.
Herman, T. (2000). Strategi Pemecahan Masalah (Problem-Solving) dalam Pembelajaran Matematika. Makalah disajikan dalam Kegiatan Asistensi Guru Madrasah Ibtidaiyah dan Tsanawiyah, Jawa Barat, 28 September s.d. 3 Oktober 2000.
Jonassen, D. (2011). Supporting Problem Solving in PBL. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 5(2), 95–119. doi: 10.7771/1541-5015.1256.
Kapur, M. (2009). Moving beyond the Pedagogy of Mathematics: Foregrounding epistemological concerns. In B. Kaur (Ed.), Mathematical Problem Solving (pp. 265–271). Singapore: WORLD SCIENTIFIC. doi: 10.1142/9789814277228_0014.
Krismanto, A. (2009). Suplemen Matematika Bermutu. Sleman: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.
Masek, A., & Yamin, S. (2011). The Effect of Problem Based Learning on Critical Thinking Ability: A theoretical and empirical review. International Review of Social Sciences and Humanities, 2(1), 215–221.
National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principle and standars for School mathematics. Reston VA: National Council of Teachers of Mathematics.
Sani, R. A. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
van Berkel, H., & Schmidt, H. (2005). On the Additional Value of Lectures in a Problem-Based Curriculum. Education for Health, 18(1), 45–61. doi: 10.1080/13576280500042648.
Wena, M. (2013). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.
Yuan, H., Kunaviktikul, W., Klunklin, A., & Williams, B. A. (2008). Promoting Critical Thinking Skills trough Problem-Based Learning. CMU: Journal of Social Science and Human, 2(2), 85–100.
Yuwono, I. (2001). RME (Realistic Mathematic Education) dan Hasil Studi Awal Implementasinya di SLTP (No. 24 Februari).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
##category.category##
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Iswanto

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang artikelnya diterbitkan oleh jurnal DIALEKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Matematika menyatakan setuju dengan pernyataan berikut ini:
- Hak cipta artikel dipegang oleh penulis.
- Penulis memberikan hak kepada jurnal DIALEKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Matematika sebagai pihak pertama yang menerbitkan artikel dengan menerapkan lisensi berdasarkan Creative Commons Attribution License.
- Artikel, termasuk dokumen penelitian, yang diterbitkan didistribusikan dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis diperbolehkan dan disarankan untuk mengunggah artikel secara online (misal: pada repositori institusi atau pada website pribadi) sebagai langkah untuk meningkatkan keterbacaan dan diseminasi serta untuk meningkatkan peluang artikel disitasi.